BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Pages

Kamis, 01 Desember 2011

jawaban yang harus di cari

1.
Virus merupakan program komputer yang dapat menyebarkan dirinya sendiri. Virus ada yang memiliki kemampuan merusak, tapi ada juga yang cuma biasa saja: pamer akan keberadaan dirinya. Tetapi semua virus pada intinya sama, menganggu kinerja komputer. Dan yang parahnya, virus kadang dan bahkan sering beraksi ketika kita sedang butuh-butuhnya data atau lagi ada keperluan mendesak… :(
Jangan menganggap jika kita telah menginstall antivirus maka virus tidak bisa menyerang komputer kita. Saya pernah mencoba kehandalan beberapa antivirus sekaligus. Ketika komputer saya terserang virus, saya melakukan install ulang windows dan 3 buah program antivirus sekaligus plus di-update. Setelah itu saya mencoba memasukkan flashdisk yang mengandung virus, dan ternyata.. virus tersebut mampu untuk “stealth” alias menyelinap dan kembali menyerang komputer saya…! Akhirnya saya semakin yakin bahwa virus selalu 3 langkah lebih maju dari antivirus.. :D
Saya juga pernah mencoba install ulang windows dan program antivirus. Ketika saya mencoba mencari file di harddisk saya menggunakan fasilitas Find/search dari Windows Explorer. Ketika proses pencarian berlangsung, komputer saya tiba-tiba berhenti sebentar dan TEEEET..virus yang ada sebelumnya ternyata aktif kembali! Padahal saya tidak menjalankan / membuka file loh! Ternyata ada virus yang menempel di berkas data saya… dan karena KETIDAKTAHUAN windows, maka virus tersebut menjadi aktif kembali..
JADI…hehe..Sebelum mengalami kerusakan yang lebih parah dan sang virus menyebar ke bermacam-macam file data dan berbagai media yang kita/teman kita miliki, sebaiknya virus tersebut segera ditangani..
Ada beberapa cara mudah mengetahui apakah virus telah menyerang komputer kita atau belum..
  1. Apakah kinerja komputer menurun drastis atau apakah pada saat-saat tertentu ketika kita tidak melakukan apa-apa tetapi komputer tiba-tiba seperti berhenti (hang)
  2. Lihat apakah folder yang seharusnya ada di harddisk / flashdisk disembunyikan (hidden) atau dihapus oleh virus (misal ada file dengan ekstension .LNK, atau .EXE)
  3. Muncul file-file yang terlihat aneh / bukan buatan anda
  4. Muncul proses yang setelah dihentikan, tetapi beberapa saat kemudian muncul kembali. (coba lihat melalui Windows Task Manager dengan menekan tombol CRL+ALT+DEL)
  5. Anda tidak bisa mengganti setting windows
Jika komputer anda ternyata terserang virus, segera lakukan perbaikan dengan melakukan pengecekan menggunakan Anti Virus dengan data terbaru (update) ataupun install ulang windows. tetapi harap diingat, ketika anda menginstall ulang windows, hapuslah file sistem windows terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar komputer anda tidak tertular virus yang berasal dari file-file yang ada pada sistem sebelumnya. Pada saat menghapus file sistem windows sebelumnya, lakukan dengan menggunakan quick format, jangan menggunakan format biasa, agar harddisk anda dapat lebih tahan lama.
Tips dari saya, untuk menjaga data anda, sebaiknya lakukan backup secara periodik / teratur dan juga sebelum proses instalasi/perbaikan dilakukan.
 2.

0 komentar: